Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Genangi Pasar Johar Semarang

Kompas.com - 16/11/2011, 17:44 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang, Jawa Tengah, selama 30 menit, Rabu (16/11/2011) ini, menyebabkan kawasan Pasar Johar banjir.

Air yang menggenangi kawasan itu menimbulkan kerugian bagi pedagang karena harus menutup lapak lebih cepat dari biasanya.

Air setinggi 15-30 sentimeter menggenangi jalan serta sebagian dalam pasar. Hampir semua pedagang di sisi utara Pasar Johar menutup lapaknya dan memindahkan barang-barang mereka.

Driyono, pedagang kacamata dan buku tulis, memilih pulang lebih cepat dengan mengemasi barang milik mereka ke dalam tas.

"Setiap kali hujan deras, di sini pasti banjir dan surutnya lama sekali," kata Driyono.

Banjir juga berdampak pada arus lalu lintas yang menimbulkan kemacetan. Sejumlah kendaraan seperti motor dan mobil mengalami mesin mati setelah mencoba menerobos genangan air.

Di sisi lain, banjir di kawasan tersebut juga memberikan rezeki bagi pengemudi becak untuk membawa penumpang menyeberangi air tanpa takut basah.

Beberapa hari sebelumnya, sejumlah alat berat telah mengeruk gorong-gorong untuk mengantisipasi banjir langganan di Pasar Johar. Namun, usaha tersebut belum berjalan maksimal untuk mengurangi dampak kerugian yang lebih besar lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com