Marwan, Perampok CIMB Divonis 12 Tahun

Kompas.com - 02/08/2011, 15:06 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

MEDAN, KOMPAS.com - Majelis hakim PN Medan memutuskan menghukum Marwan alias Wak Geng yang disebut-sebut sebagai salah satu dedengkot teroris di Medan 12 tahun penjara atas tuduhan melakukan persekongkolan jahat melakukan tindak pidana terorisme.

Terpidana terbukti terlibat dalam perampokan Bank CIMB Niaga Jalan Aksara, Medan tahun 2009 lalu yang menyebabkan Brigadir Immanuel Simanjuntak tewas dan dua petugas keamanan terluka.

Putusan Majelis Hakim yang diketuai Majelis Hakim EM Malau, Selasa (2/8/2011) itu lebih rendah dari tuntutan jaksa yakni 15 tahun penjara.

Malau mengatakan, Marwan terbukti melanggar pasal 15 jo pasal 7 UU No 1 tahun 2002 jo UU nomor 15 tahun 2003 tentang Terorisme. Marwan berjaga di luar gedung Bank CIMB Niaga saat perampokan berlangsung.

Atas putusan itu, Marwan menyatakan menerima. Namun setelah persidangan, kepada media ia mengecam tindakan kawan satu timnya Khairul Gazali yang menerbitkan buku Perampokan bukan Fai.

Ia menuduh Khairul pengkhianat dan membuat kawan-kawannya menjadi korban karena Khairul menerima fasilitas duniawi dari Densus 88 dan BNPTN berupa ponsel, laptop, dan fasilitas lain untuk menyelesaikan bukunya.

Khairul adalah guru mengaji di Tanjung Balai yang kediamannya sering digunakan untuk pertemuan para tersangka. "Kalau soal hukuman saya menerima, hukuman mati pun tidak masalah. Tapi pendustaan Khairul membuat kami jadi korban," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.