TNI Gadungan Nangis di Korem

Kompas.com - 11/05/2011, 14:34 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BONE, KOMPAS.com — Seorang karyawan salah satu dealer kendaraan di Bone, Sulawesi Selatan, AB, menangis tersedu-sedu saat diamankan di Makorem 141 Toddopuli, Rabu (11/5/2011). AB diamankan setelah diketahui menjadi anggota TNI gadungan yang mengaku memiliki jabatan Kasdim di Kodim Soppeng.

Saat diinterogasi langsung oleh Komandan Korem 141 Toddopuli (TP) Letkol Inf Syukran Hambali, AB tampak ketakutan dan menangis terisak-isak sehingga membuat sejumlah anggota TNI yang ada tertawa.

"Saya dulu bercita-cita menjadi anggota TNI, tapi tidak lolos, dan saya tidak bermaksud untuk berbuat pidana, hanya ingin diketahui sebagai anggota TNI," ungkap AB sambil terisak.

Dia mengatakan baru dua hari nekat mengaku sebagai anggota TNI. Ia sering bertemu dengan seorang anggota Intel Korem yang berhasil dikelabuinya sebelum aksi penyamarannya terbongkar.

Meskipun tidak menggunakan seragam atau tanda keanggotaan TNI, AB mengetahui betul jabatan dan struktur kepangkatan dalam institusi tersebut. Beruntung anggota Intel Korem yang sempat dikelabuinya selama dua hari itu mencoba meyakinkan benar tidaknya AB sebagai anggota TNI. Ia lantas memberikan bahasa simbol yang biasa digunakan TNI, tetapi pelaku tidak mengetahuinya. Karena kasus itu, AB langsung diamankan di Makorem.

Syukran sempat kaget atas ulah AB yang mengaku berpangkat mayor itu. "Untuk prosesnya, kami serahkan ke polisi saja karena belum diketahui motif jelasnya, apakah pernah mencoreng nama institusi kami atau tidak," ungkapnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X