Ulat Bulu Tanjung Duren Tidak Berbahaya

Kompas.com - 13/04/2011, 20:53 WIB
EditorInggried

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian Haryono mengatakan, ulat bulu yang ditemukan di Tanjung Duren, Jakarta Barat, tergolong jenis yang tidak berbahaya terhadap kesehatan manusia. Hal itu dikatakan Haryono, Rabu (13/4/2011), saat meninjau lokasi ditemukannya ulat bulu di Jalan Sekretaris, Tanjung Duren, bersama sejumlah peneliti Kemtan. Rasa gatal yang dialami sejumlah warga di kawasan tersebut bisa jadi hanya sugesti.

"Kalau sampai bentol-bentol itu mungkin lebih disebabkan alergi kulit ataupun faktor sugesti yang dialami seseorang," kata Haryono.

Menurut dia, ulat bulu di Tanjung Duren sudah lama berkembang di kawasan tersebut. "Hanya saja, saat ini terjadi peningkatan jumlah," ujarnya.

Para peneliti Kemtan akan meneliti, apa yang menyebabkan populasi ulat bulu mengalami peningkatan. Lebih lanjut ia menjelaskan, secara ilmiah, jenis ulat bulu yang ada di Tanjung Duren masih satu famili (golongan) dengan yang berkembang di Probolinggo.

"Hanya genus dan spesiesnya berbeda dengan yang ada di sana," ujarnya.

Kemarin, pihak Suku Dinas Pertanian Jakarta Barat telah melakukan penyemprotan cairan insektisida dengan jenis pestisida. Namun, semprotan ini ternyata tak mampu mematikan ulat bulu yang menghinggapi sedikitnya 30 pohon cemara di kawasan Tanjung Duren.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.