Lokasi Ulat Bulu Disemprot Pestisida

Kompas.com - 13/04/2011, 17:43 WIB
EditorInggried

JAKARTA, KOMPAS.com - Camat Grogol Petamburan H Tadjudin Widodo mengatakan, pihak Suku Dinas Pertanian Jakarta Bara telah meakukan penyemprotan pestisida di lokasi yang menjadi habitat ulat bulu di Tanjung Duren Utara. Seperti diketahui, di kawasan Tanjung Duren, ribuan ulat bulu bersarang di puluhan pohon cemara.

"Saya sudah meminta bantuan ke Suku Dinas Pertanian untuk pembasmian. Kemarin, mereka sudah turun ke lokasi dan menyemprotkan pestisida," kata Widodo saat di temui di kantornya, Rabu (13/4/2011).

Selain itu, langkah yang akan ditempuh pihak kecamatan, papar Widodo, adalah mengajukan izin penebangan pohon-pohon cemara angin yang berjejer di sepanjang bantaran Kali Sekretaris, kelurahan Tanjung Duren Utara (TDU).

"Surat izin sudah kami layangkan ke pihak Walikota Jakarta Barat. Kami minta digantikan dengan jenis pohon lindung yang anti serangga seperti ulat bulu itu," terang Widodo.

Ia melanjutkan, laporan tertulis dari RT 015 RW 07 kelurahan TDU baru diterima hari ini. Surat tersebut berisi informasi gangguan kesehatan berupa gatal-gatal yang dialami warga di lokasi tersebut. "Kawasan pepohonan cemara di sana menjadi lokasi ideal ulat bulu. Ulatnya enggak ke mana-mana. Hanya bulunya yang mudah lepas dan jika tertiup angin bisa terbawa ke mana-mana," jelas Widodo.

Lokasi pemukiman padat di lokasi itu disebutnya memungkinkan semakin banyak warga yang dapat terserang gangguan gatal-gatal. Untuk itu, pihak kecamatan sudah berkoordinasi dengan Puskesmas setempat untuk melakukan penanganan khusus terhadap warga yang mengalami gangguan kesehatan akibat ulat bulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.