Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Ulat Bulu Disemprot Pestisida

Kompas.com - 13/04/2011, 17:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Camat Grogol Petamburan H Tadjudin Widodo mengatakan, pihak Suku Dinas Pertanian Jakarta Bara telah meakukan penyemprotan pestisida di lokasi yang menjadi habitat ulat bulu di Tanjung Duren Utara. Seperti diketahui, di kawasan Tanjung Duren, ribuan ulat bulu bersarang di puluhan pohon cemara.

"Saya sudah meminta bantuan ke Suku Dinas Pertanian untuk pembasmian. Kemarin, mereka sudah turun ke lokasi dan menyemprotkan pestisida," kata Widodo saat di temui di kantornya, Rabu (13/4/2011).

Selain itu, langkah yang akan ditempuh pihak kecamatan, papar Widodo, adalah mengajukan izin penebangan pohon-pohon cemara angin yang berjejer di sepanjang bantaran Kali Sekretaris, kelurahan Tanjung Duren Utara (TDU).

"Surat izin sudah kami layangkan ke pihak Walikota Jakarta Barat. Kami minta digantikan dengan jenis pohon lindung yang anti serangga seperti ulat bulu itu," terang Widodo.

Ia melanjutkan, laporan tertulis dari RT 015 RW 07 kelurahan TDU baru diterima hari ini. Surat tersebut berisi informasi gangguan kesehatan berupa gatal-gatal yang dialami warga di lokasi tersebut. "Kawasan pepohonan cemara di sana menjadi lokasi ideal ulat bulu. Ulatnya enggak ke mana-mana. Hanya bulunya yang mudah lepas dan jika tertiup angin bisa terbawa ke mana-mana," jelas Widodo.

Lokasi pemukiman padat di lokasi itu disebutnya memungkinkan semakin banyak warga yang dapat terserang gangguan gatal-gatal. Untuk itu, pihak kecamatan sudah berkoordinasi dengan Puskesmas setempat untuk melakukan penanganan khusus terhadap warga yang mengalami gangguan kesehatan akibat ulat bulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com