Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VCD Briptu Norman Beredar di Kaki Lima

Kompas.com - 12/04/2011, 08:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Siapa yang tak kenal Briptu Norman Kamaru? Dalam waktu singkat, anggota kesatuan Brimob Polda Gorontalo ini sudah dikenal khalayak lewat videonya di Youtube. Di situ ia bergaya menyanyikan lagu India "Chaiya-chaiya" milik Sharukh Khan secara sinkronisasi gerak bibir (lip sync).

Popularitas Norman merembet hingga kali lima. Di salah satu pasar malam di wilayah Slipi, Jakarta Barat, misalnya, videonya di Youtube beredar dalam keping VCD yang dijual seharga Rp 4.000. Di sampul depan terpampang wajah Norman tersenyum dengan pakaian dinas Brimob bersanding dengan penyanyi-penyanyi India, Sharukh Khan dan Pretty Shinta.

Lagu yang dinyanyikan Norman ditaruh pada urutan teratas daftar lagu sebelum Sharukh Khan. "Banyak yang suka, makanya kami jual. Harganya Rp 4.000. Baru sepuluh orang yang beli. Mungkin karena baru dijual hari ini," ungkap salah satu pedagang di Slipi, Senin (11/4/2011).

Untuk menarik perhatian pembeli, penjual tersebut sengaja memutar video berdurasi 6 menit 30 detik milik Norman di layar televisi berukuran 16 inci dengan volume suara penuh. Beberapa orang yang melintas di jalan tersebut terlihat mampir untuk menonton aksi Norman. Mereka tak henti-hentinya tertawa melihat polah anggota polisi itu. Ada pula yang sekadar melirik sepintas, sembari tersenyum melihat gaya Norman.

"Lucu videonya, makanya saya beli. Enggak bosan-bosan lihatnya. Kok bisa ada polisi yang lucu kaya gitu," ungkap Lena, seorang pembeli keping VCD itu.

Seperti diketahui, Briptu Norman ternyata sering tampil menyanyi di Polda Gorontalo. Ia kerap mengisi acara di Polda, khusus menyanyikan lagu India. Namanya populer setelah videonya diunggah ke Youtube. Yang paling anyar, ia diajak masuk dapur rekaman milik pengacara Farhat Abas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com