Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi, Angka Perkosaan Anak di Penajam

Kompas.com - 16/03/2011, 08:32 WIB

PENAJAM, KOMPAS.com — Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang juga Sekretaris Tim Penggerak PKK Andi Israwati prihatin karena kasus pencabulan dan pemerkosaan anak di bawah umur sangat tinggi. Tragisnya pula, umumnya pelaku malah terhitung anggota keluarga, kerabat, atau orang terdekat korban.

Sementara, ada banyak faktor yang melatarbelakangi perbuatan keji itu. "Ada faktor ekonomi, sosial, dan rendahnya tingkat pendidikan. Misalnya faktor ekonomi, anak rentan dengan bujukan apalagi iming-iming barang atau uang. Pengetahuan anak belum sampai dan orang terdekatnya malah memanfaatkan," kata perempuan yang biasa disapa Andiwati ini kemarin.

Tahun 2011, di Kabupaten ini sudah terjadi lima kali kasus. Sedangkan tahun lalu, seperti pernah disampaikan kasatreskrim Polres PPU AKP Dandi Ariyo, setidaknya ada 10 kasus.

Andiwati bertekad mengurai kesadaran masyrakat dengan menyasar ke kelompok perempuan. Melalui GOW juga PKK, pengetahuan akan disebarkan. Selain itu, memberdayakan kaum perempuan sehingga tak ketinggalan dengan laki-laki. 

Baca Juga: Mayat Perempuan Telanjang di Pandansimo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com