Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Truk Antre di Merak

Kompas.com - 20/02/2011, 03:20 WIB

Cilegon, Kompas - Ribuan truk kembali antre untuk menyeberang dari Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon, Banten, menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Panjang antrean truk di luar Pelabuhan Merak, Sabtu (19/2), hingga pukul 20.30, mencapai 7 kilometer.

Berdasar pantauan, ekor antrean sampai ruas tol Tangerang-Merak. Seluruh badan jalan ruas Cikuasa Atas sepanjang 4 kilometer, yang sejak Rabu (16/2) lalu lengang, kembali dipenuhi tiga lajur truk yang semuanya mengarah ke Pelabuhan Merak. Antrean truk mengular hingga masuk ke dalam ruas tol Tangerang-Merak.

Sekitar pukul 14.00, penuturan Yaya Andria, petugas PT Marga Mandalasakti, ekor antrean truk berujung sampai Kilometer 95 atau berjarak 3 kilometer sebelum gerbang tol Merak. Antrean panjang ini belum juga terurai hingga kemarin petang.

Kendaraan pribadi dan penumpang dari arah Jakarta menuju Pelabuhan Merak pun kembali dialihkan keluar dari pintu tol Cilegon Barat dan meniti ruas arteri menuju Merak. Ruas jalan selepas pintu tol Cilegon Barat hingga gerbang tol Merak dikhususkan untuk truk yang hendak menyeberang dari Merak menuju Bakauheni.

Selain di luar pelabuhan, truk-truk pengangkut barang pun mengantre di area tunggu dermaga I, II, III, IV, dan V yang berada di dalam Pelabuhan Penyeberangan Merak. Kendaraan tersebut bergiliran masuk ke kapal yang sandar di dermaga.

Masalah ini terus berulang dari tahun ke tahun dan tak pernah selesai. Jumat (11/2) pekan lalu, antrean panjang truk juga terjadi, panjangnya bahkan 10 kilometer. Pada Selasa malam, antrean mulai terurai. Namun, empat hari kemudian, antrean panjang kembali lagi terjadi.

Rugikan masyarakat 

Terus berulangnya antrean di Merak ini dikeluhkan para sopir. Waktu mereka terbuang percuma karena menunggu antrean.

Eko, sopir truk pengangkut mesin, pukul 07.00 berada di ekor antrean sekitar 1,5 kilometer sebelum gerbang tol Merak. Hingga pukul 15.00, kendaraannya masih terjebak antrean pada posisi 500 meter selepas pintu tol Merak. Artinya, Eko harus menghabiskan waktu selama 8 jam hanya untuk menempuh jarak 2 kilometer.

”Saya tidak tahu kapan truk bisa masuk kapal. Mungkin baru besok,” keluh Eko.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com