UE Terus Dukung Proses Damai di Aceh

Kompas.com - 18/08/2010, 10:16 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Perwakilan Tinggi Uni Eropa di Brussels, Belgia, Catherine Ashton menyatakan, mendukung terus proses damai berkelanjutan di Aceh. Hal demikian dikatakan Catherine dalam pernyataan resmi UE, yang dikirimkan melalui surat elektronik, Rabu (18/8/2010).

"Kami tetap berkomitmen pada pembangunan ekonomi Aceh, konsolidasi perdamaian di Indonesia yang demokratis sertapelaksanaan Nota Kesep ahaman dan UU Pemerintahan Aceh," katanya.

Catherine mengatakan, lima tahun setelah penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah RI dan Gerakan Aceh Merdeka, telah terlihat perubahan yang sangat positif di Aceh. Aceh telah mengalami kemajuan yang cukup pesat menuju perdamaian dan stabilitas. Menurutnya, Aceh akan dapat mencapai masa depan yang cerah.

Dia juga menyatakan, Aceh telah menjadi contoh bagi semua daerah tentang bagaimana perdamaian dapat dicapai melalui perundingan dan dengan keinginan kuat, meski pada saat yang sama sedang dalam situasi politik yang sangat buruk.

Lebih lanjut Catherine menyatakan, UE tetap pada komitmennya untuk melakukan berbagai hubungan diplomatik dengan Indonesia. Indonesia dan UE telah meningkatkan hubungannya  menyusul penandatanganan sebuah Perjanjian Kemitraan dan Kerjasama yang komprehensif tahun lalu.

"Didasari pengalaman yang positif di Aceh, kami ingin mengisi kemitraan yang telah diperkuat tersebut dengan semangat untuk membina hubungan yang saling menguntungkan dan masa depan yang sejahtera bagi seluruh Indonesia dan rakyat Indonesia," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.