Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sup Singkong, Lezat dan Menyehatkan

Kompas.com - 13/04/2010, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedengarannya aneh, ketika seorang teman mengajak makan sup singkong. Masak sih singkong bisa dibuat sayur? Biasanya umbi-umbian itu hanya untuk direbus, dibuat combro dan getuk.

Namun, ternyata ketika menyeruput sup singkong, rasanya lezat juga dan cukup menyehatkan. Dengan menyantap sup singkong ini, berarti Anda telah menerapkan keberagaman pangan.

Selama ini kita hanya mengandalkan nasi sebagai makanan utama. Padahal masih ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai pengganti. Singkong pun bisa menjadi sumber karbohidrat yang mengenyangkan.

Singkong segar bisa menjadi produk olahan langsung untuk dikonsumsi dengan cara digoreng, dikukus, direbus atau dibakar. Produk olahannya yang biasa kita kenal seperti keripik singkong, getuk, tape, dan combro.

Dengan menyantap panganan ini berarti kita sudah melakukan diversifikasi atau pemberagaman pangan. Salah satu bentuk diversifikasi pangan ini adalah cassava soup.

Cassava soup ini sekilas mirip dengan soto. Isinya terdiri dari potongan singkong, tauge, bihun, telor rebus, daging sapi lalu diberi taburan daun bawang dan bawang goreng.

Kuahnya sangat terasa segar meski hanya dibumbui sederhana seperti pala, cengkih, lada, bawang merah dan bawang putih. Jangan lupa membubuhi jeruk nipis dan sambal.

Singkongnya begitu empuk, karena telah dimasak dengan alat presto. Anda bisa bayangkan singkong itu sebagai pengganti kentang yang biasa ada di dalam sup. Untuk menu serba singkong menggunakan jenis singkong mentega yang didatangkan dari Sukabumi.

Bachtiar Pramus (57) yang mengkreasikan makanan ini. Kebetulan dirinya pecinta sup namun biasanya suka menyingkirkan potongan dagingnya dan menambahkan potongan potongan singkong ke dalam ramuan sup.

"Setelah saya coba, kok rasanya enak juga. Akhirnya saya membuat cassava soup ini. Saya makin bersemangat setelah tahu berbagai manfaat singkong," ujar pria asal Makassar ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com