Sharp Jualan hingga Vietnam

Kompas.com - 03/07/2009, 20:48 WIB
Editor

HO CHI MINH CITY, KOMPAS.com — Ekspansi Sharp Corporation kini merambah Vietnam. Melalui bendera Sharp Electronics (Vietnam) Company Limited, perusahaan asal Jepang itu bakal menawarkan produk-produk elektronik rumah tangga, seperti mesin cuci, kulkas, CTV, LCD TV, dan microwave oven. Tak cuma itu, negara berpenduduk sekitar 84 juta jiwa itu bakal digelontori produk peralatan kantor, seperti mesin fotokopi, mesin faksimile, dan suku cadang.

Anak perusahaan penjualan yang baru ini mulai beroperasi pada 1 Juli 2009. Sebelumnya, Sharp telah beroperasi di Vietnam bekerja sama dengan Mitsui Co Ltd.  Namun, untuk mencapai pengembangan usaha yang lebih besar, Sharp memutuskan untuk mendirikan anak perusahaannya sendiri.

Di kawasan Asia Tenggara, khususnya, Vietnam memiliki perkembangan menjanjikan. Pada tiga tahun lalu, misalnya, produk domestik bruto (GDP) negeri ini tumbuh 8,17 persen. Pertumbuhan ini adalah nomor satu di Asia Tenggara dan nomor dua di Asia Timur.

Pada akhir 2007, menteri keuangan menyatakan pertumbuhan GDP Vietnam diperkirakan mencapai rekor tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir sebesar 8,44 persen. Kini, Vietnam yang masuk dalam grup ekonomi Next Eleven mencatatkan pendapatan per kapita di kisaran 3.025 dollar AS.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X