Bukit Longsor, Warga Transmigrasi Ketakutan

Kompas.com - 05/06/2008, 11:17 WIB
Editor

Laporan wartawan Kompas M Syaifullah

BANJARMASIN, KAMIS- Puluhan warga warga yang bermukim di Unit Penempatan Transmigrasi (UPT) Kumang-kumang di Gunung Jambangan, Kecamatan Pulaulaut Tengah, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Kamis (5/6) sejak pagi pukul 08.00, dicekam ketakutan. Hal itu terjadi sebagian kawasan perbukitan yang mengelilingi pemukiman warga tersebut mengalami longsor.

Sekitar 66 siswa dan empat guru yang berada di Sekolah Dasar Negeri Kumang-kumang terpaksa dipulangkan. Hal ini dilakukan karena lokasi longsor yang berada di kaki Gunung Sebatung tersebut berada hanya sekitar 500 meter dari sekolah tersebut. Sementara sejumlah warga juga khawatir luapan sungai di daerah juga dapat menimpa rumah mereka karena hujan deras terus menguyur di daerah tersebut.

Saat dihubungi melalui telepon, Kamis (5/6), Torikoh, Kepala SDN Kumang-kumang sempat berteriak beberapa kali minta tolong karena gemuruh longsor di perbukitan itu terus terjadi. Saya takut mas, gemuruh longsor di perbukitan itu menimpa pemukiman kami. Karena itulah saya meliburkan seluruh siswa dan guru di SD tersebut, katanya.

Sementara Sektretaris Satuan Pelaksana Penanggulan Bencana (Satlak PB) Sajidan mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan terjadi longsor di daerah transmigrasi. Namun, kondisi warga y ang berdiam sekitar 50 kilomater dari Kotabaru, ibukota Kabupaten Kotabaru itu belum diketahui kondisinya.

Saat ini sejumlah petugas satlak PB Kotabaru diturunkan untuk membantu evakuasi warga yang dicekam ketakutan tersebut. Hal itu dilakukan karena kondisi pemukiman mereka cukup rawan karena di kelilingi perbukitan. Pemukiman mereka berada di lembah, katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.