Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Penghuni Lapas Jember Positif Gunakan Narkoba

Kompas.com - 28/04/2015, 15:38 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Lima orang penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember, Jawa Timur, terbukti positif menggunakan narkoba. Kepastian itu didapat setelah pihak Lapas melakukan tes urine bagi seluruh penghuni dan karyawan lapas.

“Memang betul, setelah kami lakukan tes urine, ternyata ada empat orang narapidana positif menggunakan narkoba, dan satu orang tahanan juga terbukti positif,” ujar Kepala Seksi Pembinaan Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas II A Jember, Alip Purnomo, Selasa (28/4/2015).

Alip menambahkan, dari empat orang narapidana tersebut, dua di antaranya merupakan kasus narkoba, sedangkan dua orang kasus pencurian dan penggelapan. Sedangkan, satu orang tahanan tersebut merupakan kasus narkoba.

“Mereka saat ini sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut, dan sudah kita ambil tindakan tegas dengan menempatkan mereka di sel khusus selama proses pemeriksaan,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Alip, pihaknya juga mencabut seluruh hak-haknya, termasuk tidak boleh dikunjungi oleh siapapun sampai proses pemeriksaan selesai.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, mereka masih mengelak menggunakan narkoba, mereka berdalih habis minum obat batuk, pusing. Tetapi masih kita dalami, apakah ada keterlibatan orang dalam atau tidak,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com