Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Penyeimbang Berikan Andil Menahan Laju Inflasi

Kompas.com - 09/09/2012, 16:10 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Keberadaan pasar penyeimbang mampu memberikan andil menahan laju inflasi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada masa Lebaran. Pasar di Jalan Ahmad Yani tersebut menyediakan 13 kebutuhan pokok dan dijual dengan harga wajar.

Menurut Kepala Bidang Statistik Distribusi, Badan Pusat Statistik (BPS ) Kalteng Sutono di Palangkaraya, Minggu (9/9/2012), pasar penyeimbang digelar pada 7-31 Agustus 2012. Komoditas yang dijual antara lain beras, gula pasir, minyak goreng, dan telur ayam.

Inflasi Palangkaraya pada Agustus 2012 sebesar 0,81 persen. Andil pasar penyeimbang diindikasikan dengan tidak adanya kebutuhan pokok yang menjadi pemicu utama inflasi di Palangkaraya pada Agustus lalu. Pemicu utama inflasi itu antara lain angkutan udara, ikan gabus, dan udang basah.

Selain itu, inflasi Palangkaraya lebih rendah daripada nasional sebesar 0,95 persen. Pasar penyeimbang digelar di sebelah Lapangan Sanaman Mantikei. "Pemerintah daerah mengadakan pasar penyeimbang agar masyarakat kecil bisa menikmati harga kebutuhan pokok yang wajar," kata Sutono.

Karena itu, para pedagang di pasar lain terdorong untuk ikut menjual kebutuhan pokok dengan harga yang tidak berlebihan. Sutono menuturkan, pasar penyeimbang bukan bentuk intervensi tetapi memiliki tujuan agar masyarakat tidak dimainkan pedagang yang memanfaatkan masa Lebaran. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com