Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UMY Membuat Jam Pengingat Gosok Gigi Anak

Kompas.com - 05/01/2012, 00:14 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Seorang mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengembangkan jam digital pengingat gosok gigi untuk anak.

Mahasiswa bernama Andi Sugiarto itu mengatakan, alat tersebut terdiri dari beberapa komponen yang masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda. Komponen itu meliputi jam digital, perekam suara alarm, dan pengeras suara atau speaker. Jam digital digunakan sebagai penunjuk waktu. Adapun perekam suara alarm untuk merekam bunyi alarm yang diinginkan dan dua pengeras suara berfungsi mengeluarkan bunyi alarm dalam waktu yang berbeda.

"Cara kerja jam digital itu tidak begitu rumit dan mudah digunakan oleh penggunanya. Langkah pertama, pengguna harus menentukan waktu yang tepat agar jam alarm berbunyi," katanya di Yogyakarta, Rabu (4/1/2012).

Ia mengatakan, waktu tersebut ditentukan sesuai dengan waktu anak-anak menggosok gigi, misalnya pagi dan sore. Setelah waktu alarm ditentukan, tahap selanjutnya pengguna memilih suara alarm yang akan dibunyikan. Terdapat dua pilihan suara peringatan, yakni bisa menggunakan lagu anak-anak dan suara bapak atau ibu yang seakan-akan mengingatkan anaknya untuk gosok gigi. Suara itu dapat direkam secara langsung dan berdurasi selama 15 detik. Berhubung alat ini memiliki dua speaker, maka suara alarm pagi akan berbunyi pada speaker sebelah kanan dan alarm sore pada sebelah kiri.

"Selain alat itu sangat berguna untuk mengingatkan anak menggosok gigi. Dalam proses pembuatannya juga tidak memakan biaya yang mahal," katanya. Ia berharap jam ini dapat dikembangkan lebih baik lagi dan bermanfaat bagi orangtua yang memiliki kesibukan dan rutinitas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com