Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit dan Sempat Dirawat, Jemaah Haji Asal Lubuklinggau Meninggal di Mekkah

Kompas.com - 15/05/2024, 15:24 WIB
Aji YK Putra,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

LUBUKLINGGAU, KOMPAS.com- Jemaah haji asal kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, yang tergabung dalam Kloter 2 Palembang meninggal di Mekkah, Arab Saudi, setelah sebelumnya sempat mengeluh sakit dan mendapatkan perawatan rumah sakit.

Jemaah yang meninggal bernama Yusman Irawan (64) tercatat sebagai warga Perumnas Lubuk Tanjung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I. 

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Lubuklinggau Mahmudan mengatakan, Yusman meninggal saat dirawat di Rumah Sakit King Fahd Arab Saudi karena sakit jantung.

"Pemakaman berlangsung tadi pagi samping Masjid Nabawi di Baqi dan memang jemaah telah dipasang ring jantung," kata Mahmudan, Rabu (15/5/2024).

Baca juga: Kisah Jemaah Haji Termuda Palembang, Berangkat Bareng Ayah Gantikan Ibu yang Meninggal

Yusman berangkat dari Palembang menuju Mekkah pada Senin (13/4/2024) bersama istrinya dan 448 jemaah asal kota Lubuklinggau.

"Tiba di Madinah pada 13 Mei dan jemaah mengeluh sakit sehingga langsung dirawat satu malam. Sore kemarin jemaah dinyatakan meninggal dunia,"ujarnya.

Kondisi cuaca di Mekkah saat ini mencapai 40 derajat celcius. Jemaah pun diimbau untuk tidak memaksa tenaga dan menjaga kesehatan selama beribadah.

"Insya Allah husnul khatimah dan mendapatkan pahala haji mabrur karena jemaah sedang melaksanakan ibadah haji," ujarnya.

Baca juga: 3.960 Calon Jemaah Haji Embarkasi Solo Diterbangkan ke Tanah Suci, 3 Batal Barangkat dan 8 Sakit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com