Jumat, 29 Agustus 2014

News / Regional

Pemekaran Wilayah

Kemdagri Fasilitasi Penyelesaian Batas Muratara-Jambi

Kamis, 2 Mei 2013 | 22:34 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri akan memfasilitasi penyelesaian batas wilayah Jambi dengan kabupaten pengembangan Musirawas Utara (Muratara) di Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, kepada wartawan di Palembang, Kamis (2/5/2013), mengatakan, sekarang ini mengenai rencana pengembangan kabupaten baru Musirawas Utara (Muratara) itu tinggal menyelesaikan perbatasan dengan provinsi Jambi.

Untuk penyelesaian batas itu akan difasilitasi Kementerian Dalam Negeri sehingga dapat direalisasikan secepat mungkin. Sementara untuk perbatasan dengan Muratara dengan Musi Banyuasin sudah rampung, sehingga tidak menjadi kendala lagi.

Pembentukan Kabupaten Muratara sedang diproses di Kementerian Dalam Negeri, setelah itu baru diusulkan ke DPR RI untuk disetujui.

Kata dia, pembentukan kabupaten baru tersebut tidak menjadi kendala lagi, karena sudah dibahas di Kementerian Dalam Negeri.

"Sehubungan dengan itu, masyarakat di Kabupaten Musirawas harus bersabar karena sekarang masih dalam proses," katanya.

Selain Muratara, Sumsel juga telah memiliki kabupaten pengembangan baru yakni Penungkal Abab Lematang Ilìr yang terpisah dari daerah induknya Kabupaten Muaraenim.

 


Editor : Agus Mulyadi
Sumber: