Rabu, 23 April 2014

News / Regional

Cagub Jatim, PDIP Usung Mantan Wali Kota Blitar

Jumat, 23 November 2012 | 15:07 WIB

Baca juga

SURABAYA, KOMPAS.com - Djarot Saiful Hidayat maju menjadi calon Gubernur Jawa Timur dalam ajang pemilihan gubernur Jawa Timur tahun 2013. Mantan Wali Kota Blitar ini diusung DPC PDIP Kota Mojokerto. Delegasi Djarot mengambil formulir pendaftaran di Kantor DPD PDIP Jatim di Jalan Kendangsari, Surabaya, Jumat (23/11/2012).

''Pak Djarot cukup berprestasi dalam memajukan PDIP. Dia salah satu anggota tim pemenangan Jokowi-Ahok saat Pilgub Jakarta lalu, dan saat ini beliau diutus DPP untuk memenangkan Pilgub di Sumatera Utara,'' kata Ketua DPC PDIP Kota Mojokerto, Yunus Suprayitno.

Yunus mengaku sudah berkomunikasi dengan Djarot soal kesiapannya dicalonkan menjadi Cagub Jatim. Selain itu, beberapa DPC juga sepakat untuk mendukung Djarot, di antaranya Kota Malang, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Jombang, dan Kota Probolinggo. ''Ke depan, kami masih terus berkonsolidasi untuk menjaring lebih banyak lagi dukungan,'' tambahnya.

Soal strategi pemenangan, Yunus sepenuhnya memasrahkannya kepada DPD PDIP. Menurutnya, Djarot didaftarkannya untuk menjadi gubernur, bukan wakil gubernur sesuai arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri saat Rakernas II di Surabaya dua bulan lalu.

Hingga hari ini, PDIP juga belum resmi mengusung calon gubernur dalam Pilgub Jatim tahun depan. Beberapa nama cagub yang muncul dan berebut restu PDIP antara lain Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansah dan Wagub Jatim Saifullah Yusuf. 


Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Glori K. Wadrianto