Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Tsunami, Warga Siberut di Bukit

Kompas.com - 26/10/2010, 00:35 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter, Senin (25/10/2010)  pukul 21.42 dari kedalaman 10 kilometer pada titik 78 kilometer arah barat daya Pulau Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat tidak berdampak di Pulau Siberut, Mentawai.

Gempa bumi yang membuat panik sebagian besar warga Kota Padang itu juga membuat sebagian warga Pulau Siberut mengungsi ke kawasan perbukitan yang lebih tinggi.

Adi Hamdani, salah seorang warga di Pulau Siberut yang dihubungi Kompas mengatakan, warga sempat panik dan mengungsi setelah ada pengumuman bahwa gempa itu berpotensi tsunami.

"Tapi setelah ada pengumuman kedua yang menyatakan bahwa tidak ada potensi tsunami, warga kembali. Tapi sebagian warga yang tinggal dekat pantai masih berada di kawasan bukit," kata Adi.

Ia mengatakan, warga setempat tidak terlalu merasakan guncangan gempa yang membuat sebagian warga di Kota Padang merasa pusing itu. "Gempanya tidak terlalu terasa, hanya durasinya memang agak lama," kata Adi.

Adi menambahkan, hingga saat ini belum ada kerusakan yang terjadi di rumah-rumah warga. Demikian pula belum ada laporan korban jiwa yang timbul akibat gempa bumi tersebut.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com