Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Kabupaten Semarang, Belum Ada Partai yang Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati

Kompas.com - 23/04/2024, 23:30 WIB
Dian Ade Permana,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Partai politik di Kabupaten Semarang belum ada yang membuka pendaftaran atau penjaringan bakal calon jelang Pilkada 2024. Meski terkesan adem, komunikasi informal antarpartai telah dilakukan.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang Bondan Marutohening mengatakan, masih menunggu arahan dari DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Tengah terkait penjaringan bakal calon.

Baca juga: Pendaftaran PPK Pilkada Karawang 2024 Dibuka, Track Record Jadi Pertimbangan

"Kita menunggu aturan teknis dari DPP dan DPD terkait hal tersebut. Kalau komunikasi tentu sudah ada, antar partai baru ngobrol-ngobrol, belum mengerucut," ujarnya, Selasa (23/4/2023).

Terpisah, Sekretaris DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Semarang Joko Sriyono mengatakan, kemungkinan pembukaan pendaftaran untuk calon Bupati-Wakil Bupati Semarang akan dilakukan akhir bulan ini.

"Kenapa sampai saat ini belum ada pembukaan pendaftaran, karena masih menunggu juknis dari DPP atau pengurus pusat. Jadi nanti biar seragam dan serentak saat memulai pergerakan," ungkapnya.

Namun begitu, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan patahana yang berasal dari PDI-P yakni Ngesti Nugraha.

"Meski secara formal belum ada pendaftaran, tapi kalau untuk penjajakan antar partai atau koalisi sudah dilakukan, meski belum ada keputusan bulat. Kita dari PAN ada komunikasi dengan incumben Bupati Ngesti Nugraha, baru satu belum ada bakal calon lain yang merapat," papar Joko. Ngesti Nugraha saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang.

Terpisah, Ketua DPD Nasdem Kabupaten Semarang Suyadi juga menyampaikan hal serupa. Saat ini partainya belum membuka pendaftaran, karena masih menunggu petunjuk aturan dari pengurus pusat.

"Kita di daerah menjalankan aturan dari pusat, karena itu untuk pendaftaran calon menunggu dari DPW Jawa Tengah dan DPP. Setelah ada, langsung kita kerjakan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com