Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SOROT POLITIK

Rutinitas Setiap Tahun, Said Abdullah Bagikan Sedekah kepada Masyarakat di Sumenep

Kompas.com - 13/03/2024, 17:07 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Timur (Jatim) Said Abdullah berbagi rezeki dengan warga Kabupaten Sumenep.  

Keluarga besar Said bersama pengurus PDI-P Kabupaten Sumenep membagikan sedekah kepada warga Sumenep usai menunaikan ibadah tarawih, Selasa (12/3/2024).

Dia mengatakan, kegiatan keluarga besarnya di Sumenep bersama jajaran Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI-P Sumenep rutin dilakukan setiap tahun, terutama setiap hari-hari besar Islam, seperti Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha.

“Saya tumbuh dari keluarga kampung yang terbatas secara ekonomi. Kalau Allah SWT memberikan jalan lebar atas rezeki yang saya terima, sudah sepatutnya hak warga kurang mampu juga menerimanya,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (13/3/2024).

Anggota DPR terpilih itu mengatakan, hal itu dia terapkan sebagai konsep sedekah yang menjadi ajaran Islam. 

Baca juga: Said Abdullah: Kemunduran Demokrasi Harus Dijawab Konkret, Bukan dengan Gimmick

“Apalagi ini Ramadhan, banyak rakyat masih mikir besok makan apa. Mungkin rutinitas ini langkah kecil. Semoga memberi energi bagi mereka yang kurang mampu,” ujar Said. 

Said berharap, upaya kecil itu bisa menular kepada seluruh warga, khususnya bagi warga Madura.

“Lebih-lebih bagi warga Madura di perantauan yang memiliki kecukupan ekonomi untuk berbagai dengan saudara saudara mereka di kampungnya di Madura,” katanya. 

Dia mengatakan, kawasan Madura saat ini jika dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur lebih tertinggal secara ekonomi. 

Adapun kegiatan sedekah Said digelar di Rumah Wakaf Said Abdullah di Jalan Kartini, Sumenep. 

Baca juga: PDI-P Ingatkan Golkar Tak Tertipu soal Isu Jokowi Bakal Bergabung

Ribuan jamaah dengan dibantu petugas kepolisian mengantre mendapatkan pembagian bingkisan dari perwakilan keluarga Said Abdullah. 

Muhammad Ridwan, salah satu warga yang mendapatkan bingkisan menyatakan, kegiatan bersedekah Said rutin dilakukan setiap tahun, khususnya pada saat hari-hari besar Islam, yakni Ramadhan atau Idul Adha. 

“Meskipun tidak sehari-hari tinggal di Sumenep dan menjalani tugas dengan anggota DPR di Jakarta, Pak Said makin hari makin memperhatikan warga Madura, khususnya warga Sumenep yang merupakan kampung halamannya,” ujarnya.

Untuk diketahui, Said Abdullah adalah calon legislatif (caleg) terpilih dengan perolehan suara tertinggi nasional. 

Baca juga: Catat 529.792 Suara, Said Abdullah Dulang Suara Caleg Tertinggi Nasional

Perolehan suaranya bahkan mencapai lebih dari 500.000, sehingga memecahkan rekor sebagai peraih suara tertinggi sebagai caleg DPR dalam sejarah pemilu nasional yang dijalani selama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com