Kompas.com - 18/06/2013, 16:32 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Jajaran Reskrim Polsek Beran, Sleman, menangkap dua pelaku perampasan telepon seluler dengan modus mengaku sebagai anggota polisi, Selasa (18/6/2013). Kedua pelaku yang diamankan yakni Sulistyo W (31), warga Beran Kidul, Tridadi, Sleman, dan Budi S (24), warga Pendeman, Argomulyo, Sleman.

Peristiwa perampasan terjadi saat Yuli Prasetyo (25) dan Aris Setiawan (26), Selasa (18/6/2013) sekitar pukul 00.30 WIB mengendarai motor melewati Jalan Pringgodiningratan, Beran tiba-tiba dipepet dua pemuda yang mengendarai motor Honda Supra.

"Mereka mengaku anggota polisi, dan bertanya kepada korban, apa membawa senjata tajam," terang Kapolsek Beran Kompol Tugiyat. Setelah itu, pelaku Budi lantas menggeledah kedua korban sambil meminta ponsel. Tanpa rasa curiga kedua korban memberikan 3 ponsel yang mereka bawa kepada pelaku.

Setelah mendapatkan ponsel, para pelaku membuang kunci motor milik korban, lalu kabur. Kedua pelaku membuang kunci motor korban agar tidak dikejar. Kedua korban yang baru sadar telah tertipu segera melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Beran.

"Setelah mendapat laporan, anggota langsung melakukan pelacakan pelat motor pelaku yang sempat dicatat oleh korban. Pagi sekitar pukul 07.00 WIB, kedua pelaku kita ringkus di rumahnya masing-masing," tandasnya.

Ia memaparkan saat mencari barang bukti kunci di TKP, salah seorang pelaku, yakni Budi, berusaha melarikan diri sehingga harus dilumpuhkan dengan timah panas setelah tiga kali tembakan peringatan dari anggota tidak diindahkan.

Sementara itu, Budi mengaku merampas ponsel karena dalam keadaan mabuk dan butuh uang untuk beli minuman keras. "Pengen minum lagi tapi tidak punya uang, saat melihat korban lewat tiba-tiba saja punya niat merampas HP," katanya.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku dikenai Pasal 365 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan dan diancam penjara maksimal 9 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.