Demo BBM, Aksi Tutup Jalan di Bandung Dibubarkan Paksa

Kompas.com - 17/06/2013, 21:24 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BANDUNG, KOMPAS.com - Aksi penolakan atas rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) terus berlanjut. Kali ini, puluhan mahasiswa dari 11 perguruan tinggi di kota Bandung seperti Unisba, Piksi Ganesha, Unikom dan lain-lain, menggelar aksi unjuk rasa tepat di bawah jembatan layang Pasupati, Jalan IR. H. Juanda, Dago, Kota Bandung, Senin (17/6/2013).

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa turun dari trotoar ke badan jalan dan sempat menutup Jalan Raya Dago, sehingga membuat jalan tersendat. Akibat, dianggap telah mengganggu lalu lintas, aksi tutup jalan itu akhirnya dibubarkan paksa oleh pihak kepolisian.

Setelah diusir petugas, para demonstran yang membawa spanduk-spanduk bertuliskan aksara penolakan kemudian melanjutkan aksi menyalakan lilin dan berdoa secara melingkar di pinggir jalan. "Kami segenap elemen Mahasiswa Bandung dengan tegas menolak kenaikan BBM. Kenapa kita memilih malam hari, Karena malam ini adalah detik-detik keputusan DPR," kata Handi Nurdin, mahasiswa Politeknik Piksi Ganesa saat ditemui di sela aksi.

Kalau memang BBM jadi naik, lanjut Handi, sebenarnya para mahasiwa tersebut tidak akan mempermasalahkan. "Yang terpenting adalah kembalikan aset Indonesia dan nasionalisasi seluruh sumber daya alam minyak yang dikelola oleh pihak asing," tegas Handi.

Menurutnya, pada momen kenaikan BBM dan pencabutan subsidi ini ada indikasi berupa intervensi dari pihak asing yang ingin mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya. "Ini adalah dampak ketidakbecusan pemerintah dalam mengelolah sumber daya alam. Indonesia itu adalah lumbung minyak yang luar biasa. harusnya bisa dikuasai oleh negara demi kepentingan rakyat," paparnya.

Rencananya, para mahasiswa itu akan menunggu hingga ada keputusan dari DPR RI apakah BBM jadi dinaikan atau tidak sambil menunggu barisan mahasiswa universitas lainnya yang akan datang.

Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X