Kompas.com - 17/06/2013, 11:56 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Pedemo yang menolak kenaikan harga BBM bersubsidi telah tiba di depan Gedung DPR, Senayan. Mereka langsung memasang belasan spanduk yang tulisannya menolak kenaikan harga BBM.

Deretan spanduk-spanduk tampak telah menghiasi bagian depan Gedung DPR RI, Senin (17/6/2013), sekitar pukul 10.30 WIB. Spanduk-spanduk tampak dipasang baik di pagar depan gedung maupun di pagar pembatas tol dalam kota, persis di depan wakil rakyat tersebut.

Spanduk-spanduk tersebut di antaranya bertuliskan "Pecat Menteri Banci Jero Wacik", "Tangkap dan Penjarakan Mafia dan Pengemplang Pajak Penyebab Defisit APBN" dari Majelis Pekerja Buruh Indonesia, dan "BBM Naik Upah Buruh Tergerus" dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Salah satu orator aksi unjuk rasa dari FSPMI, Nurdin, menegaskan, tujuan aksi mereka pada hari ini untuk mengawal jalannya rapat yang akan dilaksanakan oleh anggota DPR untuk menentukan apakah BBM naik atau tidak.

"Kita tegaskan bahwa kita menolak kenaikan BBM, walaupun akan dijanjikan akan diberi Balsem (BLSM). Karena kita tahu, Balsem tidak akan kita nikmati, tetapi akan dinikmati oleh oknum mereka-mereka (Pemerintah) juga," ucap Nurdin.

Pengamatan Kompas.com, sejumlah massa telah berkumpul di depan Gedung DPR RI sekitar pukul 10.15 WIB, atau selepas redanya hujan. Adapun elemen massa yang berkumpul terdiri dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM), dan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia. Diperkirakan jumlahnya sekitar 500-an orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.