Kompas.com - 14/06/2013, 15:07 WIB
|
EditorKistyarini

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Kundang Sodikin, menyatakan, sesuai data di lapangan, tidak ada catatan kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,5 skala Richter dan gempa susulan 5,5 skala Richter yang terjadi di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, dini hari tadi.

"Setelah dicek, sampai siang ini, tidak ada laporan kerusakan bangunan rumah penduduk akibat gempa dini hari tadi," ujar Kundang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/6/2013) siang.

Menurut Kundang, gempa dini hari tadi sangat dirasakan oleh penduduk di pesisir pantai selatan Tasikmalaya, seperti di daerah Kecamatan Cipatujah, Cikalong, dan Karangnunggal. Mereka bahkan mengaku panik dan sempat keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri. Namun, beruntung tidak ada kerusakan rumah penduduk atau bangunan akibat guncangan gempa tersebut.

"Saat terjadi gempa semalam, petugas BPBD di setiap kecamatan langsung meninjau secara langsung ke lapangan, terutama di daerah pesisir pantai," kata Kundang.

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tasikmalaya, Dedi Mulyadi, mengatakan, sampai sekarang, gelombang laut masih terlihat normal dan dinyatakan aman bagi nelayan untuk melaut sehingga gempa berurutan dini hari tadi tidak sampai mengganggu aktivitas nelayan di pesisir pantai selatan Tasikmalaya. "Gempa dini hari tadi tidak sampai mengganggu aktivitas nelayan," ujar Dedi.

Diberitakan sebelumnya, sesuai data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terjadi dua kali gempa di barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa yang pertama terjadi sekitar pukul 23.47 WIB, Kamis malam, dengan kekuatan 6,5 skala Richter di kedalaman 57 kilometer dengan lokasi di 10.35 Lintang Selatan -107.04 Bujur Timur.

Gempa kedua terjadi pada Jumat (14/6/2013) dini hari sekitar pukul 00.24 WIB dengan kekuatan 5,5 Skala Richter di kedalaman 218 kilometer dengan lokasi di 8.77 Lintang Selatan-107.72 Bujur Timur. Kedua gempa tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.