Kompas.com - 11/06/2013, 22:01 WIB
|
EditorFarid Assifa

MAGELANG, KOMPAS.com - Tidak kurang dari 4.000 seniman baik lokal, nasional maupun internasional akan tampil di Pagelaran Borobudur Internasional Festival (BIF) di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada 13-17 Juni 2013 mendatang. Mereka di antaranya ada dari Thailand, China, Chili, Brunai Darussalam, Brasil, dan Belgia.

Tidak tanggung-tanggung, panitia even empat tahunan itu juga akan menghadirkan seorang konduktor kelas dunia, Bartholomeus-Henri VAN de Velde asal Belgia.

Devinta Putri, Manager Organizer BIf 2013 mengatakan Bartholomeus adalah pendiri Dinamis dan Direktur Musik Orchestra Charlemagne. Dia telah memimpin orkestra dalam pertunjukan di Brussels, Luksemburg dan Belanda, termasuk "Palais des Beaux-Arts" dan "Théâtre de la Monnaie" di Brussels, serta "Concertgebouw" di Amsterdam.

"Pada opening ceremoy BIF 2013 14 Juni besok, Bartholomeus akan tampil orkestra spesial berkolaborasi dengan Paulus Surya," kata Devinta, Selasa (11/ 6/2013).

Dalam pagelaran kelas dunia itu, lanjut Devinta, akan tampil sedikitnya 1.000 seninam sejak siang hingga malam. Menurutnya, hingga saat ini persiapan pelaksanaan BIF sudah 70 persen. Dia juga memastikan bahwa hingga H-1 seluruh persiapan telah selesai.

Devinta menyebutkan, beberapa yang sedang dipersiapkan di antaranya panggung utama dan 73 stan pameran di Taman Lumbini pelataran Candi Borobudur. Panitia juga mulai memasang tiga patung raksasa berupa satu patung kuda jumbo bermotif batik serta dua patung gajah berwana kuning keemasan.

Sementara itu, pada hari yang sama Bibit Waluyo juga tampak meninjau persiapan itu. Pada kesempatan itu, Bibit berharap penyelenggaraan BIF berlangsung sukses dan membawa dampak baik bagi dunia pariwisata di Magelang khususnya dan di Jawa Tengah umumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikatakan Bibit, even bertaraf dunia ini juga merupakan salah satu program untuk menyukseskan program Visit Jateng 2013 yang berlangsung sampai 11 November mendatang.

"Kegiatan ini nantinya akan hadiri 36 duta besar perwakilan negara sahabat. Oleh karenanya kita berharap melalui para duta negara itu, mereka akan bercerita tentang Jawa Tengah di negaranya masing-masing," ujar Bibit.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X