Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman Dunia Akan Tampil di Festival Borobudur

Kompas.com - 11/06/2013, 22:01 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Tidak kurang dari 4.000 seniman baik lokal, nasional maupun internasional akan tampil di Pagelaran Borobudur Internasional Festival (BIF) di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada 13-17 Juni 2013 mendatang. Mereka di antaranya ada dari Thailand, China, Chili, Brunai Darussalam, Brasil, dan Belgia.

Tidak tanggung-tanggung, panitia even empat tahunan itu juga akan menghadirkan seorang konduktor kelas dunia, Bartholomeus-Henri VAN de Velde asal Belgia.

Devinta Putri, Manager Organizer BIf 2013 mengatakan Bartholomeus adalah pendiri Dinamis dan Direktur Musik Orchestra Charlemagne. Dia telah memimpin orkestra dalam pertunjukan di Brussels, Luksemburg dan Belanda, termasuk "Palais des Beaux-Arts" dan "Théâtre de la Monnaie" di Brussels, serta "Concertgebouw" di Amsterdam.

"Pada opening ceremoy BIF 2013 14 Juni besok, Bartholomeus akan tampil orkestra spesial berkolaborasi dengan Paulus Surya," kata Devinta, Selasa (11/ 6/2013).

Dalam pagelaran kelas dunia itu, lanjut Devinta, akan tampil sedikitnya 1.000 seninam sejak siang hingga malam. Menurutnya, hingga saat ini persiapan pelaksanaan BIF sudah 70 persen. Dia juga memastikan bahwa hingga H-1 seluruh persiapan telah selesai.

Devinta menyebutkan, beberapa yang sedang dipersiapkan di antaranya panggung utama dan 73 stan pameran di Taman Lumbini pelataran Candi Borobudur. Panitia juga mulai memasang tiga patung raksasa berupa satu patung kuda jumbo bermotif batik serta dua patung gajah berwana kuning keemasan.

Sementara itu, pada hari yang sama Bibit Waluyo juga tampak meninjau persiapan itu. Pada kesempatan itu, Bibit berharap penyelenggaraan BIF berlangsung sukses dan membawa dampak baik bagi dunia pariwisata di Magelang khususnya dan di Jawa Tengah umumnya.

Dikatakan Bibit, even bertaraf dunia ini juga merupakan salah satu program untuk menyukseskan program Visit Jateng 2013 yang berlangsung sampai 11 November mendatang.

"Kegiatan ini nantinya akan hadiri 36 duta besar perwakilan negara sahabat. Oleh karenanya kita berharap melalui para duta negara itu, mereka akan bercerita tentang Jawa Tengah di negaranya masing-masing," ujar Bibit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com