Kompas.com - 29/05/2013, 15:12 WIB
|
EditorKistyarini

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepolisian RI memecat sekitar 300 anggotanya setiap tahun. Hal itu diungkapkan Wakapolri Komjen Nanan Sukarna saat ditemui di Kantor Pusat PT Pos Indonesia, Jalan Cilaki, Kota Bandung, Rabu (29/5/2013).

"Tiap tahun Polri memecat 300 orang anggota. Bukan karena bodoh, bukan karena lalai, bukan karena tidak bisa," ujar Nanan.

Nanan mengungkapkan, mereka dipecat karena melanggar kode etik kepolisian. "Kebanyakan karena melanggar etika, kode kehormatan serta melanggar hukum yang ada," papar Nanan.

Nanan tidak menyangkal bahwa sebagian yang dipecat itu karena terlibat kasus korupsi. "Tapi tidak semua," tegasnya.

Nanan berpendapat, untuk mengurangi korupsi perlu dilakukan upaya pencegahan dini dari lingkungan yang paling kecil. "Jadi korupsi itu harus dicegah mulai dari keluarga, lingkungan pendidikan, dan institusi. Mencegah itu lebih utama daripada penindakan. Penindakan terus, tapi kejadian terus. Oknum yang korupsi harus tetap ditindak," tegas Nanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.