Kompas.com - 27/05/2013, 06:15 WIB
EditorBenny N Joewono

MAMUJU, KOMPAS.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Barat menyampaikan rasa bangga atas tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) Madrasah Aliyah (MA) Negeri dan Swasta karena mencapai 100 persen dari seluruh siswa yang mengikuti ujian tahun ini.

"Saya apresiasi atas capaian angka kelulusan UN MA di Sulbar. Prestasi siswa ini menunjukkan bahwa sekolah agama sudah bisa disejajarkan dengan sekolah umum seperti SMA," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulbar Mukhlis di Mamuju, Minggu (26/5/2013).

Secara nasional, kata dia, kelulusan hasil UN Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta mencapai 99,50 persen atau mengalami peningkatan pada tahun ajaran 2011-2012. "Tingkat kelulusan UN MA di Sulbar diharapkan tetap dipertahankan dengan mengedepankan peningkatan kualitas," ungkapnya.

Ia menyampaikan, peningkatan kualitas tentu menjadi perhatian sehingga kelak sekolah agama juga menjadi pilihan utama bagi anak-anak untuk melanjutkan pendidikan.

"Selama ini kualitas MA dianggap nomor dua dan kami yakin anggapan itu akan mulai terbantahkan karena sekarang saja sudah seimbang dengan kualitas SMA," terangnya.

Meski hasil UN MA tahun ini cukup menggembirakan, Mukhlis mengaku prihatin karena di sisi lain masih terdapat sejumlah madrasah yang belum bisa dikatakan berkualitas.

"Harus kami akui masih terdapat sekolah madrasah yang belum berkualitas. Ini tentu menjadi perhatian ke depan untuk pembinaan generasi muda yang memiliki akhlak dan budi pekerti," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.