Kompas.com - 26/05/2013, 17:48 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAMBI. KOMPAS.com- Belum mengantongi izin lokasi, sebanyak 12 lokasi sumur eksploitasi minyak dan gas milik PetroChina International Jabung Ltd di Kecamatan Geragai dan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, disegel.

"Dalam lokasi yang kami segel, terdapat 26 sumur eksploitasi beroperasi tanpa izin," ujar Sudirman, Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Timur, Minggu (26/5/2013).

Menurut Sudirman, pihaknya sudah dua kali menyurati perusahaan agar berhenti beroperasi sampai izin lokasi dari Bupati keluar, namun perusahaan masih terus beroperasi, lanjutnya.

Saat ini ada 33 lokasi sumur gas dari sekitar 50 lokasi belum berizin. Sebagian di antaranya merupakan sumur-sumur yang telah beroperasi sejak 1990-an, sebelum Petrochina masuk.

Sudirman menjelaskan, Pemkab Tanjabtim dan Petrochina sepakat bahwa Bupati akan memberi izin lokasi asalkan perusahaan memenuhi sejumlah kesepakatan terkait dana sumbangan dan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan pada masyarakat sekitar lokasi pengeboran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.