Kompas.com - 23/05/2013, 19:31 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MATARAM, KOMPAS.com - Jemaah calon haji di Nusa Tenggara Barat mulai melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk musim haji tahun 2013.

Jumlah pelunasan dihitung dari BPIH yang disetor sebelumnya dalam rupiah, lalu dikonversi ke mata uang dollar Amerika Serikat. Untuk NTB BPIH tahun ini sebesar 3.752 dollar AS atau Rp 37.051.000 tiap jemaah. Nilai itu sesuai kurs hari Kamis (23/5/2013) sebesar Rp 9.875 per dollar AS.

"Sampai pukul 15.30 WIB, Kamis, jumlah calon Jemaah yang sudah melunasi BPIHnya 371 orang. Sebanyak 154 orang di antaranya Jemaah asal Kota Mataram," kata Muliarta, Humas Kantor Kanwil Kemenag Provinsi NTB, Kamis sore, di Mataram.

Tiga hari setelah menyetor kekurangan BPIH di kantor bank penerima setoran, para jemaah harus mendaftar ulang ke Kantor Kemenag kabupaten atau kota. Diharapkan proses pelunasan berjalan lancar, sehingga proses administrasi juga berjalan lancar.

Sebagaimana setahun sebelumnya, kata Kepala Kantor Kemenag Provinsi NTB, H Usman, kuota jemaah haji asal NTB tahun ini sejumlah 4.494 orang, sudah termasuk Tim Pendamping Haji Daerah di dalamnya.

Tahun ini jeemaah calon haji yang diberangkatkan dari urut 37.251 hingga 41.800. Nomor urut itu bisa berubah, bila ada jemaah yang dinyatakan mengundurkan karena beberapa alasan seperti tidak bisa melunasi BPIH sampai batas waktu yang ditentukan, pada 12 Juni. Pelunasan dimulai 22 Mei lalu. "Soal ada tidaknya tambahan kuota, itu wewenang Pemerintah Arab Saudi," ujar Usman .   

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X