Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Gegana Sterilkan Gedung DPRD Maluku

Kompas.com - 23/05/2013, 18:06 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Tim Gegana Polda Maluku menyisir halaman dan seisi ruangan kantor DPRD Maluku sesaat sebelum dilaksanakan pembacaan visi dan misi calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Maluku di ruang paripurna kantor tersebut, Kamis (23/5/2013).

Pantauan Kompas.com di lapangan, tim Gegana yang beranggotakan 12 personel ini menyisir halaman kantor hingga ruang sidang utama tempat berlangsungnya pembacaan visi dan misi. Dalam penyisiran kurang lebih dua jam itu, tim Gegana tidak menemukan benda yang mencurigakan. Penyisiran sendiri dilakukan beberapa saat sebelum digelarnya pembacaan visi dan misi tersebut.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Suharwiyono kepada Kompas.com di kantor DPRD Maluku mengatakan, proses sterlilisasi dilakukan satu unit tim Gegana untuk menjamin adanya keamanan dan kenyamanan saat penyampaian visi dan misi cagub dan cawagub.

"Proses sterilisasi ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan Alhamdulillah tidak ada sesuatu yang mencurigakan ditemukan. Semuanya steril," kata Suharwiyono.

Dia mengungkapkan, penyisiran sudah menjadi protap pihak kepolisian dalam menjalankan tugas. "Ini sudah menjadi protap kita," katanya.

Selain menyisir seluruh areal dan kantor tersebut, ratusan personel polisi juga terlihat bersiaga mulai dari halaman hingga pintu masuk dan ruangan sidang paripurna. Menurutnya, penjagaan tersebut tidaklah berlebihan karena demi mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk.

"Ini bentuk antisipasi kita. Dan ini akan kita lakukan selama masa kampanye nanti," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com