Kompas.com - 23/05/2013, 18:06 WIB
|
EditorFarid Assifa

AMBON, KOMPAS.com - Tim Gegana Polda Maluku menyisir halaman dan seisi ruangan kantor DPRD Maluku sesaat sebelum dilaksanakan pembacaan visi dan misi calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Maluku di ruang paripurna kantor tersebut, Kamis (23/5/2013).

Pantauan Kompas.com di lapangan, tim Gegana yang beranggotakan 12 personel ini menyisir halaman kantor hingga ruang sidang utama tempat berlangsungnya pembacaan visi dan misi. Dalam penyisiran kurang lebih dua jam itu, tim Gegana tidak menemukan benda yang mencurigakan. Penyisiran sendiri dilakukan beberapa saat sebelum digelarnya pembacaan visi dan misi tersebut.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Suharwiyono kepada Kompas.com di kantor DPRD Maluku mengatakan, proses sterlilisasi dilakukan satu unit tim Gegana untuk menjamin adanya keamanan dan kenyamanan saat penyampaian visi dan misi cagub dan cawagub.

"Proses sterilisasi ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan Alhamdulillah tidak ada sesuatu yang mencurigakan ditemukan. Semuanya steril," kata Suharwiyono.

Dia mengungkapkan, penyisiran sudah menjadi protap pihak kepolisian dalam menjalankan tugas. "Ini sudah menjadi protap kita," katanya.

Selain menyisir seluruh areal dan kantor tersebut, ratusan personel polisi juga terlihat bersiaga mulai dari halaman hingga pintu masuk dan ruangan sidang paripurna. Menurutnya, penjagaan tersebut tidaklah berlebihan karena demi mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk.

"Ini bentuk antisipasi kita. Dan ini akan kita lakukan selama masa kampanye nanti," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.