Kompas.com - 17/05/2013, 09:19 WIB
|
EditorHeru Margianto

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pelaku pelemparan bom molotov disejumlah gereja di Kota Makassar akhirnya diringkus. Pelakunya adalah Andi Rahmad alias Aco Cungkil, anggota geng motor. Selain melempar bom molotov, ia mengaku melakukan sejumlah tindak kriminal lain di Makassar.

"Kita sudah tangkap pelaku pelemparan bom molotov disejumlah gereja. Tersangka juga mengakui perbuatan pidana lainnya," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulselbar Komisaris Besar (Kombes) Polisi Endi Sutendi kepada Kompas.com, Jumat (17/05/2013)

Sejumlah tindak kriminal yang diakui Andi adalah pembakaran motor jenis Kawasaki Ninja di Jl Gunung Latimojong pada Februari 2013, perampasan motor Honda Beat di Jl Dangko Januari 2013, perampasan HP di Jl Pampang Januari 2013, pencurian laptop merk Compaq di Jl Abdullah Dg Sirua Maret 2013, perampasan HP Nokia di Alfa Mart di Jl Abdullah Dg Sirua Februari 2013, perampasan HP merk Samsung di Jl Abdullah Dg Sirua Februari 2013, perusakan mobil jenis sedan di Jl G Latimojong Februari 2013, dan pembakaran motor merk Kawasaki di Jl Landak Baru Februari 2013.

Setelah menangkap Aco, lanjut Endi, polisi mengembangkan penyelidikan dan menangkap Rendi Rahman alias Kengkeng Bulukumba (19). Rendi ikut bersama Aco melakukan pembakaran bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) Bintang Prima.

"Mereka juga menganiaya pengendara motor di Jl AP Pettarani, tepatnya di depan Pertamina Rappocini, melakukan penganiayaan terhadap pengendara diperempatan Jl Veteran Utara - Jl Gunung Bawakaraeng, melakukan penganiayaan terhadap pengendara di perempatan Jl Gunung Latimojong - Jl Gunung Nona. Semua kasus yang dilakukan tersangka, berkas perkaranya akan dipisah jadi beberapa bagian," kata Endi.

Sebelumnya diberitakan, lima gereja di Makassar dilempari bom molotov. Lima gereja itu adalah gereja Toraja Mamasa Jemaat Jordan Jl Dirgantara, gereja Toraja Jemaat Tiatira Malengkeri Jl Masjid Nurul Muhajirin Lorong II No/2, gereja Kristen Indonesia Sulsel di Jl Samiun, gereja Toraja di Jl Gatot Subroto No 26, dan gereja Toraja Klasis di Jl Pettarani 2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.