Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Juga Rendam Lapas Gorontalo

Kompas.com - 14/05/2013, 22:19 WIB
Kontributor Kompas TV, Muzzammil D. Massa

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com - Banjir di enam kelurahan di Gorontalo yang terjadi Selasa (14/05/2013) juga ikut merendam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Gorontalo. Banjir merendam blok narkoba, perpustakaan, aula, kantor administrasi, dan poliknik lapas. Para narapidana dan tahanan yang sedang sakit terpaksa harus menjalani perawatan di poliklinik lapas yang terendam.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Hukum dan HAM Gorontalo Herman Yunianto menjelaskan, banjir di lapas Gorontalo rutin terjadi setiap kali turun hujan dengan intensitas tinggi. Herman mengatakan, kondisi drainase lapas sebenarnya cukup baik. Namun drainase di ruas Jalan Jenderal Katamso yang terletak di depan lapas amat buruk sehingga air banjir meluber masuk ke lapas.

"Di belakang bangunan lapas ini juga ada bukit-bukit yang sudah mengalami penggundulan," kata Herman.

Herman menuturkan, sekitar tahun 90-an banjir tidak terjadi sesering ini. Dia mengakui banjir kali ini adalah banjir terparah yang menimpa lapas. Para napi di sel yang terendam banjir terpaksa harus mengungsi ke sel yang tidak tergenang.

Kepala Biro Pengamanan Lapas Jalaluddin Akase mengatakan, terdapat dua blok sel yang tidak terendam. Sebanyak 500 napi harus mengisi dua blok berkapasitas 150 orang tersebut. "Apa boleh buat, kami juga sudah overload," ujar Jalaluddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com