Kompas.com - 08/05/2013, 15:57 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Guna memenuhi permintaan darah di Unit Donor Darah (UDD), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh, membentuk desa siaga darah.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni, mengatakan saat ini sudah ada tiga desa di Kota Banda Aceh yang sudah menjadi desa siaga darah. Masing-masing Desa Lamteumen Barat, Desa Lampineung dan Desa Lamjamee.

"Dan ini akan terus kita kembangkan, dan PMI sangat berharap sebanyak 90 desa yang ada di Kota Banda Aceh, bisa menjadi desa siaga darah, untuk bisa memenuhi permintaan darah ke PMI," ujar Qamaruzzaman, saat mengikuti peringatan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, di halaman UDD PMI Kota Banda Aceh, Rabu (8/5/2013).

Saat ini, sebut Qamaruzzaman, sebanyak 100-130 kantong darah harus disediakan oleh UDD PMI Kota Banda Aceh, untuk memenuhi permintaan keluarga pasien. "Nah, saat ini yang paling penting adalah kesadaran warga untuk mau mendonorkan darahnya. Jika setiap desa masing-masing dua warganya mendonorkan darahnya, otomatis stok darah akan surplus," kata Qamaruzzaman.

Sementara itu, dalam rangka memperingati 150 tahun hari Palang Merah Internasional. dan Bulan Sabit Merah Internasional, PMI Kota Banda Aceh juga menyelenggarakan berbagai aksi terkait dengan sosialisasi manfaat donor darah. Selain donor darah massal, PMI juga mengadakan kegiatan bakti sosial, menanam pohon dan lomba melukis untuk relawan palang merah remaja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.