Kompas.com - 07/05/2013, 20:39 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, untuk menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) pada 2013. "Tahun ini sedang diperjuangkan supaya Mandalika bisa jadi KEK," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (7/5/2013).

Menurut Mari, daerah tersebut telah didukung dengan keberadaan bandara internasional dan sudah diantisipasi akan menjadi KEK. "Mandalika sudah diantisipasi untuk menjadi KEK, dan  sejak beberapa tahun lalu sudah didesain menjadi kawasan khusus pariwisata," katanya.

Pihaknya juga menyatakan akan membangun resor bintang lima di Mandalika. Selain itu, saat ini tahap pembangunan marina di daerah tersebut juga sudah dimulai.

Di bawah perusahaan pengembangan pariwisata Bali (BTDC), Mandalika nantinya akan terus berupaya menyediakan fasilitas yang berkelas dunia, ruang terbuka yang luas, manajemen yang mengutamakan keamanan dan kemanusiaan serta taman bermain.

Obyek wisata di Mandalika meliputi Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta, Teluk Gerupuk, Pantai Mawun, Air Terjun Benang Kelambu, dan Pantai Selong Belanak.

Saat ini, tambah Mari, baru terdapat dua KEK di Indonesia, yakni Sei Mangke di Sumatera Utara dan Tanjung Lesung di Banten.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.