Kompas.com - 03/05/2013, 18:59 WIB
EditorErvan Hardoko

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Speed Boat yang mengangkut 50 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Kota Tinggi Johor Bahru Malaysia menuju Batam tenggelam, Kamis (2/5/2013).

Lima orang TKI hilang dan belum ditemukan. Peristiwa itu sendiri terjadi sekitar pukul 19.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB.

Debi salah satu TKI yang menghubungi Tribunnews Batam, Kamis (2/5/2013) malam, menceritakan bahwa dirinya berangkat satu rombongan menggunakan speed boat di Pantai Teluk C Kota Tinggi Johor Bahru Malaysia.

Dalam rombongan itu ada enam orang, dan saat speed boat tenggelam dihantam ombak lima orang temannya belum ditemukan dan masih hilang. Sementara polisi setempat langsung melakukan evakuasi TKI yang selamat.

"Saya langsung pergi ke Johor setelah di selamatkan penduduk setempat. Saat polisi datang saya sudah di pantai dan kabur takut ditangkap," katanya.

Speed boat yang ditumpangi itu sudah jalan sekitar satu mil dari pantai. Tidak menggunakan alat penerangan, speed boat tersebut terus melaju. Dalam perjalanan itu, tiba-tiba cuaca seperti mau hujan.

Angin pun bertiup kencang dan ombak jadi besar. Tidak perduli dengan cuaca, tekong terus melajukan speed boat yang dikemudikan. Ombak pun terus menghantam, hingga speed boat masuk air dan tenggelam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya hanya tahu lima orang teman satu rombongan hilang. Karena takut diamankan polisi setempat saya langsung pergi ke Johor. Saya juga tidak tahu kalau rombongan lain ada yang hilang," katanya.  

Dia menyebutkan tekong yang membawa speed boat itu juga ikut kabur ketika polisi sampai untuk memberikan pertolongan. Sementara setiap TKI dimintai ongkos sebesar 2.000 ringgit Malaysia.

"Kami dijanjikan akan sampai di Batam dan turun katanya di Tanjung Sekuang. Jika melanjutkan perjalanan, maka besoknya akan diantar ke bandara atau pelabuhan tergantung dengan kesepakatan. Untuk melanjutkan perjalanan ke daerah lain, biayanya pun beda," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.