Kompas.com - 30/04/2013, 19:21 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kasus tindakan asusila yang melibatkan anak di bawah umur di Kabupaten Gunungkidul setiap tahun cenderung meningkat.

Berdasarkan data dari Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan KB Gunungkidul, tahun 2013 hingga bulan Maret, jumlah kekerasan seksual yang melibatkan anak mencapai 16 kasus. Sementara pada tahun 2012 hanya 59 kasus.

Sedangkan data yang dimiliki oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Satreskrim Polres Gunungkidul, kasus pencabulan yang melibatkan anak di bawah umur hingga Maret 2013 mencapai 9 kasus.

Manajer Divisi Pengorganisasian Masyarakat dan Advokasi Yayasan Rifka Annisa Yogyakarta Muhammad Thonthowi mengatakan, perkembangan zaman dan semakin majunya teknologi informasi, menjadi salah satu pemicu meningkatnya kasus kekerasan dan pelecehan seksual di kalangan remaja.

"Internet akhirnya menjadi pedang bermata dua. Kemudahaan akses internet banyak disalahgunakan oleh remaja untuk hal yang negatif," terangnya, Selasa (30/4/2013).

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain kemudahan akses internet, maraknya kasus tindakan asusila ini diperparah dengan minimnya pengawasan orangtua. Seharusnya, kata Muhammad Thonthowi, keluarga menjadi benteng utama perkembangan zaman yang bisa sewaktu-waktu mempengaruhi perilaku anak.

"Orangtua dan sekolah harus terus memberikan pendampingan dan pendidikan norma-norma. Pasalnya usia remaja merupakan masa mencari jati diri," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia berharap Pemkab Gunungkidul menindak tegas warnet yang menggunakan bilik tinggi. Selama ini, menurutnya, pemkab kurang memperhatikan hal tersebut sehingga warnet kerap digunakan remaja untuk berbuat tidak senonoh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.