Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 30/04/2013, 12:38 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Dewan Perwakilan Rakyat masih menunggu sikap resmi dari pemerintah terkait rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. DPR tidak akan membahas rencana kenaikan harga BBM bersubsidi hingga pemerintah mengumumkan secara resmi.

"Yang jelas kami menunggu pengumuman secara resmi dari pemerintah mengenai rencana kenaikan dan setelah itu tentunya bagaimana sikap dari fraksi-fraksi akan menyikapi itu setelah ada kenaikan," ujar Wakil Ketua DPR Pramono Anung, di Kompleks Parlemen, Selasa (30/4/2013).

Pramono menjelaskan, jika DPR sudah mengambil sikap, tetapi pemerintah batal menaikkan harga BBM bersubsidi, itu akan membingungkan. "Prinsipnya nunggu pengumuman," ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Wakil Ketua DPR Sohibul Iman juga berpendapat sama. Menurutnya, DPR tak akan menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat terkait wacana kenaikan harga BBM ini. "Ya, kami menunggu sikap resmi pemerintah. Kami tidak ingin terus berwacana, kasihan rakyat bingung," kata Sohibul.

Seperti diberitakan, pemerintah akan membuat kebijakan satu harga BBM. Angka kenaikan masih dihitung. Hanya, dipastikan harga baru nantinya di bawah Rp 6.500 per liter. Sistem dua harga BBM dinilai akan sulit ketika diimplementasikan. Jika diterapkan satu harga, pemerintah akan memberikan kompensasi untuk rakyat miskin yang terkena imbas kenaikan harga BBM, salah satunya dalam bentuk uang tunai.

Selain itu, anggaran untuk berbagai program yang sudah ada, seperti beras miskin dan beasiswa, akan ditambah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke