Kompas.com - 29/04/2013, 19:53 WIB
EditorAgus Mulyadi

JOHOR BAHRU, KOMPAS.com - Konsul Ekonomi Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru, Malaysia, Iwa Mulyana, mengatakan jumlah keseluruhan uang yang dikirim tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Tanah Air dari wilayah kerjanya rata-rata Rp 2 miliar per bulan.

"Para TKI resmi rata-rata mengirimkan sepertiga dari gaji mereka kepada sanak keluarga di Tanah Air. Setiap bulan jumlah keseluruhan bisa mencapai Rp 2 miliar," kata Iwa Mulyana, di Johor Bahru, Malaysia, Senin (29/4/2013).

Iwa mengatakan, di wilayah KJRI Johor Bahru yang juga meliputi Johor, Pahang, Negeri Sembilan, dan Malaka, terdapat 200.000-300.000 ribu TKI yang bekerja secara resmi. Selain itu juga terdapat sekitar 300.000 TKI yang bekerja secara ilegal, dengan menggunakan paspor kunjungan wisata.

"TKI resmi setiap bulannya rata-rata menerima gaji mininal 900 ringgit Malaysia, sedangkan TKI tidak resmi lebih murah setengahnya," kata Iwa.

Para TKI tersebut bekerja di perkebunanan, pabrik, pembantu rumah tangga, restoran, dan pekerjaan informal lainnya.

Gaji bersih yang bisa didapatkan para TKI resmi, menurut Iwa kurang lebih 700-750 ringgit Malaysia, karena ada pemotongan 100 ringgit Malaysia sebagai pekerja asing dan untuk agen hingga 100 ringgit Malaysia. "Sepertiga dari 700 ringgit Malaysia itulah yang dikirimkan ke Tanah Air oleh para TKI untuk anak dan sanak keluarga lainnya," kata Iwa.

KJRI Johor, menurut dia, menampung para TKI bermasalah, kemudian mengatur pemulangan hingga penyelesaian kasus jika terjadi perselisihan dengan perusahaan atau majikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Permasalahan TKI dengan majikan dan perusahaan pada umumnya bisa diselesaikan terutama masalah gaji. KJRI juga menyediakan pengacara khusus untuk membantu TKI yang tersangkut masalah hukum," ujarnya.

Sumber: Antara

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.