Kebutuhan Kondom di Sunan Kuning 14.000 Per Minggu

Kompas.com - 26/04/2013, 22:40 WIB
EditorFarid Assifa

SEMARANG, KOMPAS.com — Kebutuhan kondom bagi pekerja seks komersial (PSK) di kawasan resosialisasi Sunan Kuning (SK) Semarang mencapai 14.000 per minggu.

Direktur LSM Griya Asa, dr Bambang Darmawan, mengatakan, setiap PSK di kawasan resosialisasi Sunan Kuning diwajibkan menghabiskan minimal 20 kondom setiap minggu.

Saat ini, jumlah PSK di kawasan resosialisasi Sunan Kuning yang terdata ada 700 orang. Jika setiap PSK menghabiskan 20 kondom per minggu, maka kebutuhan kondom di lokasi itu mencapai 14.000 per minggu.

"Itu peraturan dari pengelola. Habis tidak habis, setiap minggu, setiap PSK wajib mengambil 20 kondom lagi," kata dr Bambang.

Menurut dr Bambang, wajib kondom tersebut sebagai upaya pencegahan penularan virus HIV/AIDS di kawasan resosialisasi Sunan Kuning. "Selain itu, para PSK juga mengikuti pemeriksaan rutin," ujar dr Bambang.

Sebelumnya, LSM Griya Asa menemukan satu PSK di kawasan resosialisasi Sunan Kuning Semarang positif terinfeksi HIV/AIDS dalam kurun waktu Januari hingga April 2013 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.