Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari, Pengemis di Nunukan Dapat Rp 100.000

Kompas.com - 26/04/2013, 07:58 WIB

NUNUKAN, KOMPAS.com — Menjadi peminta-minta di Nunukan sangat menggiurkan bagi tiga warga asal Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, ini. Dalam sehari, pasangan suami istri Saenal (68) dan Masriya (61) serta Sa Enal (74) masing-masing bisa mendapatkan Rp 100.000. Ketiganya diamankan petugas Satpol PP Nunukan, Kamis (25/4/2013) malam.

Kepala Satpol PP dan Linmas Nunukan Syafruddin Artha mengatakan, dari pengakuan mereka, pasangan suami istri itu sudah mengumpulkan Rp 1,2 juta selama enam hari di Nunukan.

"Hari Jumat dia datang, malam Sabtu dia operasi. Pengakuannya, belum kita cek Rp 100.000 sehari. Yang satunya, dia ngomong Rp 400.000 duitnya. Yang jelas kalau kita lihat, kita dapat informasi dari masyarakat, ada yang ngasih Rp10.000, ngasih Rp 5.000," ujarnya.

Ketiganya diamankan karena dianggap telah melanggar ketertiban sosial, seperti isi peraturan daerah Kabupaten Nunukan. "Ancaman hukuman tiga bulan, denda sampai Rp 50.000. Namun karena umurnya di atas 60, bahkan 70, jadi besok kita serahkan ke Dinas Sosial. Bagaimana tindak lanjutnya, apakah dipulangkan ke kampung halamannya atau tidak? Kalau ini tidak kita lakukan, jangan sampai kedepannya tambah banyak," ujar Syafruddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com