Bakar Jenazah Korban Perkosaan, 4 Pelaku Tertekan

Kompas.com - 26/04/2013, 07:13 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Empat dari enam tersangka kasus perkosaan, pembunuhan sekaligus pembakaran Priya Pustipa Restanti (16) Siswi SMK YPPK Maguwoharjo disebutkan mengalami tekanan psikologis ketika menjalani pemeriksaan.

Pengacara para tersangka, Susantiyo mengatakan, ada empat tersangka yang tertekan secara psikologi. Ke empat tersangka yang tertekan memang tidak termasuk sebagai pelaku utama.

"Ke empat tersangka yang tertekan AR, SHY, ED dan BG. Mereka sebenarnya hanya menuruti perintah CA dan YN untuk membakar jenazah korban," katanya, Kamis (25/4/2013).

Menindaklanjuti keluhan keempatnya, Susantiyo berharap agar kada pendampingan psikologi dari pihak Polres. Pasalnya jika kondisi itu terus berlanjut, proses hukum yang saat ini masih berjalan kan terhambat. "Kita berharap polres bisa mengizinkan adanya pendampingan," kata Susantiyo.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Sleman AKP Heru Muslimin menjelaskan, pada dasarnya polisi mengizinkan adanya pendampingan psikologis untuk para tersangka. "Jika memang dibutuhkan karena merasa tertekan, silahkan saja. Untuk pemeriksaan kita juga sudah menggunakan prosedur yang berlaku," ungkap Heru.

Terkait penyelidikan, sampai saat ini polisi masih terkonsentrasi meminta keterangan salah satu tersangka, HRD. Selain itu juga menentukan peran setiap kpara tersangka. "HRD lebih banyak diam saat dimintai keterangan. Kita sebenarnya sudah tidak terlalu butuh pengakuannya karena keenam tersangka sudah cukup memberikan kesaksian," tegas Heru.

Baca Juga: Seusai Diperkosa Bergilir, Siswi SMK Dibakar Dua Kali

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.