Kompas.com - 24/04/2013, 08:18 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

MANADO, KOMPAS.com - Pangkalan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Bitung menangkap puluhan nelayan asal negara Filipina karena diduga melakukan kegiatan ilegal fishing di perairan Indonesia.

"Nelayan Filipina tersebut kami tangkap bersama dengan tiga buah kapal ikan jenis pamboat," kata Kepala PSDKP KKP Bitung, Pung Nugroho Saksano, Selasa (23/4/2013) kemarin.

Adapun ketiga kapal Pamboat yang ditangkap tersebut masing-masing FB Hans Joshua yang dinahkodai Wenceslao Rusiang bersama 11 anak buah kapal (ABK), FB Stifweel yang dinahkodai Hendry Lauron dengan 11 ABK dan FB Karen yang dinahkodai Jing-Jing.

"Sewaktu ditangkap ketiga kapal tersebut berada di Zone Eksklusif Ekonomi (ZEE) Indonesia dengan posisi yang saling berdekatan di Samudera Pasifik," tambah Staf Pengawasan dan Penahanan Pelanggaran PSDK KKP Bitung, Youdi Suawa.

Penangkapan kegiatan ilegal fishing tersebut dilakukan saat PSDKP KKP Bitung menggelar Operasi Pengawasan di Samudera Pasific. Turut diamankan barang bukti berupa ikan hasil tangkapan, 13 unit alat tangkap, alat navigasi, mesin katinting serta beberapa barang bukti lainnya.

Puluhan nelayan Filipina bersama ketiga kapal yang mereka gunakan kini diamanakan di Pelabuhan PSDKP KKP Bitung menunggu proses hukum selanjutnya. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X