Kompas.com - 20/04/2013, 21:26 WIB
EditorAgus Mulyadi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Jumlah kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Provinsi Bangka Belitung (Babel) selama Januari-Maret 2013, mencapai 46 kali atau naik 13 kasus dibanding tahun sebelumnya.

"Kasus curanmor cukup tinggi, karena kewaspadaan warga mengantisipasi kriminalitas masih kurang," ujar Kabid Humas Polda Babel, Ajun Komisaris Besar Indra, di Pangkalpinang, Sabtu (20/3/2013).

Ia menjelaskan, total kasus pencurian selama Januari hingga Maret 2013 sebanyak 167 kasus, dengan rincian pencurian dengan pemberatan (curat) sebanyak 108 kasus, curanmor 46 kasus, dan pencurian dengan kekerasan (curas) sebanyak 13 kasus.
 
Sementara total kasus pencurian pada Januari-Maret 2012 mencapai 206 kasus, dengan rincian curat 147 kasus, curanmor 33 kasus dan curas 26 kasus.

"Kami berupaya untuk terus menekan tindak kejahatan ini, karena Babel hingga kini masih rawan aksi kejahatan seiring meningkatnya jumlah penduduk, sementara lapangan pekerjaan masih kurang," ujarnya.

Untuk menekan aksi curanmor pihaknya meningkatkan razia kendaraan bermotor. "Razia ini lebih sering dengan harapan mempersempit ruang gerak para pelaku," kata Indra.

Selain itu, kegiatan razia juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pengguna kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat agar lebih tertib dalam berkendara, bukan saja tertib saat berada di jalan tapi kelengkapan surat-surat kendaraan.

"Mudah-mudahan dengan ditingkatkannya kegiatan razia akan mengurangi kasus curanmor dan lakalantas yang masih tinggi, karena kesalahan dari para pengguna kendaraan sendiri yang tidak melengkapi kendaraannya dengan spion, lampu rem dan lainnya," ujar Indra.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sumber: Antara

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.