Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

41 Penumpang Masih Dicari

Kompas.com - 17/04/2013, 20:52 WIB
Iwan Santosa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, 41 orang masih dinyatakan hilang terbawa arus deras Sungai Mahakam. Satu orang meninggal dan delapan orang selamat.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, korban meninggal adalah Nurhayati (41).

Menurut Sutopo, para penumpang perahu penyeberangan itu adalah buruh pabrik pengolahan kayu PT Kalamur.

"Tidak adanya manifes menyebabkan data penumpang hanya perkiraan. Kapal tersebut secara rutin menyeberangkan karyawan dari seberang Sungai Mahakam ke seberang lainnya," ujar Sutopo.

Lokasi musibah berada di wilayah Samarinda Seberang, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kapal diperkirakan bocor saat mau menyeberang Sungai Mahakam untuk mengangkut karyawan.

Menurut Sutopo, saat ini, BPBD Provinsi Kalimantan Timur dan BPBD Kota Samarinda siaga di lapangan bersama Orari, Basarnas, Satpol PP. Peralatan perahu karet dan speedboat telah di turunkan ke Sungai Mahakam.

Evakuasi, kata Sutopo, untuk sementara dihentikan karena arus deras dan angin kencang. Pencarian dilanjutkan besok pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com