Kompas.com - 12/04/2013, 01:19 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

TALAUD, KOMPAS.com -- Cuaca buruk disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Talaud, membuat dua buah Tagboat dan dua Kapal Tongkang terhempas hingga karam, Kamis (11/4/2013). Tidak hanya keempat kapal yang menjadi korban, Dermaga buatan PT Kawanui Keramik sebagai penyedia Asphal Mixing Plant di Desa Tarohan juga porak-poranda oleh hantaman angin kencang tersebut.

"Kapal-kapal tersebut merupakan kapal pengangkut material proyek yang sedang berlabuh dan membongkar muatan," ujar Richter Taengetan, warga Talaud yang menyaksikan kejadian tersebut. Angin kencang yang bertiup sejak pukul 2.00 WITA, menghempaskan kapal-kapal berbobot ratusan ton hingga karam di pinggir pantai.

Salah satu Kapal Tongkang terhempas sejauh 50 meter dari posisi semula. Sementara Tongkang lainnya yang berisi ribuan kubik material terhempas dalam posisi melintang. Menurut salah satu nahkoda kapal, beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

"Karena waktu itu kami semua sedang berada di darat, lalu tiba-tiba angin kencang bertiup hingga membuat kapal terhempas," ujar Nahkoda Takboat Semar Sepuh. Hingga kini kapal-kapal yang terhempas tersebut sedang diupayakan ditarik kembali ke perairan. Beberapa hari belakangan, perairan Nusa Utara sedang dilanda cuaca buruk dengan gelombang laut tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.