Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kain yang Dipakai RA Kartini Dipamerkan

Kompas.com - 10/04/2013, 04:14 WIB

Jakarta, Kompas - Sehelai kain langka yang pernah dikenakan Pahlawan Nasional Raden Ajeng Kartini (1879-1904) dipamerkan pada acara ”Puspa Pesona Wastra, Tokoh Perempuan Indonesia” di Museum Nasional Jakarta.

Acara yang berlangsung hingga 14 April itu juga memamerkan enam lembar kain yang pernah dipakai Pahlawan Nasional Cut Nyak Dien (1848-1908) serta ratusan kain lain yang meliputi 75 kain batik, 45 kain songket, selendang dan sulaman, serta 15 kain kebaya sejenis baju.

Kain RA Kartini itu adalah batik motif parang klitik. ”Kain ini melambangkan kelemahlembutan, halus, feminin, dan bijaksana,” kata ketua pameran Neneng Iskandar di Jakarta, Selasa (9/4). Kain katun berukuran 250 x 150 sentimeter itu merupakan batik tulis, dengan kondisi tanpa noda, lubang, ataupun sobek.

Adapun kain sulaman RA Kartini bermotif puspa. Kain batik berwarna dasar coklat muda keabu-abuan ini dipenuhi rangkaian bunga-bunga kecil (buketan) biru tua dan kupu-kupu dalam gaya Hindu-Jawa berwarna.

Kain-kain lain yang ditampilkan, antara lain, milik atau pernah dikenakan Johanna Nasution (istri Jenderal AH Nasution), Laili Roesad (duta besar perempuan pertama dari Sumatera Barat), Lasmidjah Hardi (pendiri Wastraprema dari Jawa Timur), Maria W Maramis (pahlawan perjuangan wanita Sulawesi Utara), Rohana Kuddus (wartawati pertama di Sumatera dan Indonesia), Herawati Diah (pendiri Ikatan Sarjana Wanita Indonesia), dan Nurani Bambang Utoyo (laskar wanita dari Sumatera Selatan).

Pameran juga diisi talkshow ”Kain Diranah Bunda: Cita, Karsa, dan Karya” serta ”Selayang Pandang Kain Kuno yang Mulai Terlupakan”.

”Acara ini untuk memperingati Hari Kartini. Kami ingin menampilkan kain warisan budaya dan peran wanita di dalamnya,” ujar Ketua Umum Perhimpunan Wastraprema Nanuk Sri Humiyarsih Gastel. Awalnya, pameran ini hanya berlangsung hingga 7 April. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com