Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspedisi NKRI 2013 Kibarkan Merah Putih di Gunung Tilongkabila

Kompas.com - 18/03/2013, 18:19 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Perwira Penerangan Ekspedisi NKRI 2013 Sub Korwil Bone Bolango, Gorontalo, Lettu Inf. Deddy Triyanto, Senin (18/3/2013) mengatakan, para peserta Ekspedisi telah berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Tilongkabila.

"Selama dua hari 20 peserta yang terdiri dari angota TNI dan Polri melakukan long march dan finish di Puncak Tilongkabila pada ketinggoian 875 meter di atas permukaan laut pada Minggu (17/3/2013) kemarin," kata Deddy.

Perjalanan Tim Penjelajah ini dimulai dari Poskotis dan istirahat pertama di Desa Lampoto, Kecamatan Suwawa pada hari pertama. Selama perjalan tersebut, Tim Penjelajah sempat menemukan lokasi pendulangan emas rakyat serta kegiatan masyarakat berupa pengolahan bahan baku minyak wangi dari pohon Nilam.

"Hari kedua tim melanjutkan perjalanan sejak pagi melewati hutan serta sungai selama 5 jam," tambah Deddy.

Tim juga menemui kesulitan saat melakukan pendakian karena rapatnya tanaman perdu dan ilalang di jalur yang dilewati. "Kami terhalang tanaman bambu saat mencari titik nol triangulasi," kata Deddy.

Tim Penjelajah yang dipimpin Letda Inf. Arma Fathur ini baru mencapai puncak Tilongkabila pada pukul 13.45 wita. Setiba di puncak gunung para peserta pun mengibarkan Bendera Merah Putih yang diiringi lagu Indonesia Raya.

Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi merupakan sebuah satuan tugas yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Mahasiswa dan Akedemisi yang melakukan penjelajahan selama 4 bulan di pulau Sulawesi. Selain Tim Penjelajah Darat terdapat juga Tim Penjelajah Laut yang menyesuri garis pantai Sulawesi sepanjang 15.909 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com